Membersihkan Memori Hard Disk

Thursday, May 14, 2009 Posted by !ndra


Mungkin sebagian orang (termasuk saya), cara merawat komputer agar memori komputer tetap terjaga dan selalu bersih dari file-file yang tidak berguna adalah dengan membersihkannya (ya iya lah), tapi membersihkan sampah-sampah di memori tidak semudah yang kita bayangkan jika hal tersebut dilakukan secara manual. Menghapus file yang tidak berguna seperti temporary file, registry (yang sudah tidak berguna), dan lain-lain sangat disarankan, karena jika file-file yang menumpuk walaupun ukurannya sedikit tetapi lama kelamaan akan menjadi besar jika terkumpul banyak. Jika terkumpul banyak otomatis akan membebani memori kita sehingga HD bisa cepat penuh.

Tapi hal ini menjadi mudah dengan satu tool yang sangat kecil namun manfaatnya sangat besar. CCleaner adalah software yang sangat berguna bagi komputer kita. Karena dengan software freeware ini komputer kita akan terbebas dari beban file-file yang tidak berguna lagi seperti temporary file, registry yang sudah tidak berguna, dan file-file lain. Beberapa fiture CCleaner adalah menghapus file-file dari aplikasi (daik dari Windows atau dari pihak ketiga lainnya) yang sudah tidak digunakan lagi, menghapus registry yang sudah lama dan tidak terpakai, meng-uinstall program sampai keakar-akarnya (maksudnya sampai registry yang dipakai program tersebut), men-disable/men-enable program-program yang berjalan saat start-up, dan menghapus System restore yang kita buat maupun yang berjalanketika ada suatu aplikasi yang terinstal di komputer.

Menurut saya software ini sangat mudah digunakan dan user friendly. Ketika kita akan membersihkan registry maka akan ada konfirmasi untuk mem-back-up registry untuk jaga-jaga

Jika ada konfirmasi seperti diatas maka pilih "Yes" kemudian tentukan direktori untuk menyimpan registry yang di-backup dan "save".

Untuk menghapus seluruh registry yang tidak digunakan, pilih "Fix All Selected Issues".

Software ini dapat diunduh gratis disini. saya hanya memberikan link websitenya agar Pengunjung dapat mendownload software yang terbaru. Semoga bermanfaat
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 comments:

Post a Comment